BerandaGAYA HIDUPWISATAAir Terjun Kembar-Coban Watu Ondo

Air Terjun Kembar-Coban Watu Ondo

630
0
BAGIKAN

Kabar Mojokerto | Sesudah menikmati perjalanan wisata alam, masyarakat mojokerto yang berkeinginan mengisi waktu libur dengan melakukan kegiatan traveling atau kegiatan menikmati alam dengan biaya yang terjangkau, dapat berkunjung ke refrensi wisata alam lagi yang mempunyai keindahaan alam yang menawan yang akan memanjakan mata setiap para pengunjung wisata alam. Tempat wisata yang dimaksud yaitu air terjun Coban Kembar atau yang lebih dikenal sebagai air terjun Watu Ondo. Air terjun Watu Ondo masuk ke dalam kawasan Taman Hutan Rakyat (Tahura) Raden Soerjo yang berada di bawah lereng gunung Welirang. Air terjun Watu Ondo berada di Dusun Sendi, Desa Pacet, Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto atau berada di perbatasan antara Kabupaten Mojokerto dengan kota Batu, Malang Jawa Timur. Dinamakan air terjun Kembar atau air terjun Watu Ondo karena memang dalam satu area terdapat dua air terjun yang saling berhadapan tetapi mempunyai ketinggian yang berbeda antara satu air terjun dengan air terjun yang didepannya, air terjun yang berlokasi di sisi sebelah kanan mempunyai ketinggian kurang lebih sekitar 15 meter dengan kemiringan sekitar 75 derajat dan berkarateristik air terjun berundak, sedangkan air terjun yang berada di sisi sebelah kiri punya ketinggian mencapai kurang lebih sekitar 69 meter dan berkarakter air terjun yang terjunan airnya langsung curam menuju kebawah airnya.

IMG_0979

Kedua air terjun bersumber dari dua mata air yang berbeda setiap air terjunnya, tetapi alirannya nanti akan bertemu dalam sebuah satu telaga kecil yang cukup dangkal. Sepanjang jalan ke air terjun Watu Ondo akan dijumpai berupa turunan anak tangga yang terbuat dari susunan batu-batu oleh karena itu air terjun ini sering dinamakan oleh masyarakat sekitar dinamakan air terjun Watu Ondo. Lokasi air terjun berada di bawah terjunan air terdapat sebuah kolam yang biasa digunakan para pengunjung untuk mandi atau sekedar bermain air dari air terjun yang turun ke bawah, dan keistimewaan yang lainnya juga pengunjung bisa nikmati dari air terjun kembar atau air terjun watu ondo terdapat dua buah goa berada diantara dua air terjun. Penduduk setempat menamakan sebagai goa Jepang, yang konon dulu pada jaman perang kemerdekaan Indonesia mempunyai fungsi sebagai tempat persembunyian tentara Jepang dari musuh-musuhnya, namun kedua goa itu sudah tertutup rimbunnya rumput-rumpu liar dan ilalang yang tumbuh subur di sekitar wilayah air terjun Watu Ondo dan sepertinya goa yang berada disekitar air terjun tersebut kurang mendapat perhatian dari pemerintah sebagai tempat bersejarah sehingga jika kita melihat goa tersebut tidak terawatt sama sekali.

Baca Juga :  Kebun Fresh Green

Berlibur-keair-Terjun-Coban-Kembar-Watu-Ondo

EATW Ondo 6

Menuju ke air terjun Watu Ondo para pengunjung bisa mencapai dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil keluarga atau dengan kendaraan roda dua, rutenya bisa mengambil belok ke kanan dari arah bundaran Pacet. Lokasi pintu masuk air terjun Watu Ondo berada sekitar 250 meter dari jalan raya Pacet-Mojokerto dengan kondisi jalan beraspal yang cenderung cukup bagus dengan keadaan jalan yang hampir berkontur naik dan turun serta berkelok-kelok. Agar bisa masuk ke dalam kawasan air terjun Watu Ondo pengunjung akan di kenakan biaya masuk yang masih terjangaku, dari tempat parkir pengunjung akan di haruskan berjalan kaki, jalan setapak sepanjang kurang lebih 200 meter dengan kondisi jalan setapak yang sudah tertata dan tersusun rapi dari tumpukan batu-batu alam sehingga menyerupai tangga, supaya pengunjung lebih mudah dan tidak berbahaya untuk mencapai air terjun Watu Ondo, di sepanjang jalan setapak menuju air terjun watu ondo juga di sediakan bangku dari kayu sebagai tempat beristirahat bagi pengunjung yang sudah disediakan oleh pengelola, agar pengunjung yang kelelahan bisa beristirahat sebentar, disisi ini pengunjung dapat menyaksikan pemandangan sekitar air terjun dari tempat yang lebih tinggi.

dsc08486

dsc08488

dsc08494

Ketika sudah merasa puas berbasah-basahan atau mandi di air terjun Watu Ondo pengunjung dapat melanjutkan perjalanan menuju ke pemandian air panas Cangar, atau menuju kota wisata Batu . Selamat mengunjungi ke wisata alam air terjun Watu Ondo dan nikmati segala sensasi alamnya yang menawan

Comments

comments