BerandaKABARKOTA MOJOKERTOBatikku Batikmu, sebagai wujud Pemberdayaan Ekonomi Lokal Kota Mojokerto

Batikku Batikmu, sebagai wujud Pemberdayaan Ekonomi Lokal Kota Mojokerto

823
0
BAGIKAN

Kabar Mojokerto | Batikku batikmu Fashion Parade 2014 lalu telah digelar Minggu dan dibuka langsung oleh Walikota Mojokerto. Acara yang sudah menjadi acara tahunan pariwisata Kota Mojokerto itu diselenggarakan oleh Ikatan Gus dan Yuk Kota Mojokerto bekerja sama juga dengan Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Mojokerto.

DSCN8362

Sebanyak jumlah 220 peserta berlenggak-lenggok memperagakan batik kreasinya dan disaksikan langsung oleh Walikota, Kapolres Mojokerto Kota, Kepala SKPD, Camat dan Lurah serta masyarakat Kota Mojokerto dan umum. Start di depan rumah dinas Walikota, para peserta tersebut berjalan di atas catwalk red carpet 800 meter di sepanjang jalan Hayam Wuruk Kota Mojokerto. Tidak juga hanya berasal dari Kota Mojokerto saja, akan tapi peserta juga berasal dari Kabupaten Mojokerto, Jombang, Lamongan, Bojonegoro, Tuban, Kediri, Sidoarjo, Probolinggo, Surabaya, Malang dan kota disekitar mojokerto.

02batik-peserta-mejeng

Peserta yang dibagi menjadi 2 kategori, ialah kategori anak-anak dan remaja / dewasa. Jenis busana yang diperagakan juga meliputi 4 kategori, yaitu busana batik pesta glamour, batik muslim glamour, batik muslim hijab dan batik carnival. Masing-masing busana terbaik pilihan dewan juri pada setiap kategori tersebut berhak mendapatkan piala, piagam penghargaan dan uang pembinaan dari Walikota Mojokerto.

“Kegiatan ini merupakan bukti dari rasa bangga kita pada batik khas Kota Mojokerto sekaligus sebagai upaya sebagai pelestarian batik sebagai warisan budaya bangsa,” jelas Siti Amsah Mas’ud Yunus, Ketua panitia yang juga sebagai Pembina Ikatan Gus dan Yuk Kota Mojokerto. Acara ini, lanjut Siti Amsah, diharapkan dapat memberikan hiburan masyarakat yang sarat akan nilai pendidikan, budaya dan pariwisata khas Kota Mojokerto.

Semua kreasi yang ditampilkan dalam fashion parade ini wajib menggunakan bahan batik dari perajin Kota Mojokerto. “Oleh karena itu tujuan dari kegiatan ini yaitu meningkatkan rasa bangga dan kecintaan pada produk batik khas kota Mojokerto. Selain itu juga dapat menumbuhkan kreatifitas dan seni melalui kreasi busana batik,” terangnya.

Baca Juga :  Nikmati Sensasi Kembali Ke Alam Di Air Terjun Coban Waru

alexa salsabila fashion on the street pemkot mojokerto 2013

Kota Mojokerto yang terbatas sumber daya alam akan terus berupaya untuk mewujudkan sebagai kota pelayanan yang maju, sehat, cerdas, sejahtera dan bermoral. “Termasuk kegiatan ini digelar, untuk meningkatkan peran serta industri batik lokal. Dengan harapan para perajin batik akan terus berkembang sekaligus kita semua dapat mencintai produk warisan budaya bangsa,” jelas Walikota dalam sambutannya. Walikota berharap, memasuki Masyarakat Ekonomi Asean yang akan datang, warga masyarakat Kota Mojokerto tidak hanya menjadi konsumen tapi juga harus lebih dari itu yaitu menjadi produsen. “Oleh karena itulah, upaya-upaya memberdayakan ekonomi lokal akan terus kita lakukan dan mudah-mudahan acara batikku batikmu akan terus kita kembangkan untuk masa yang akan datang menjadi ikon budaya pariwisata di Kota Mojokerto,” harap Walikota.

Comments

comments