BerandaNEWSDoni, Si Bocah Inspirator

Doni, Si Bocah Inspirator

809
0
BAGIKAN
Doni penjaga perlintasan kereta api sedang membantu pengguna jalan untuk menyebrang perlintasan kereta api/Foto : Affan Bakhrudin Fajri

Mojokerto, Kabar Mojokerto – Kemarin, 23 Juli 2016 diperingati sebagai Hari Anak Nasional, Namun tahukah anda ada seseorang anak yang berjasa di Mojokerto – Jawa Timur, sebuah keinginan mulia untuk membantu sang kakek dan demi keselamatan pengendara yang melewati perlintasan kereta api yang tak berpalang pintu di Desa Mojoranu, Sooko, Mojokerto. Berkat jasa sang bocah nyaris nyaris tidak ada kecelakaan lalu lintas di perlintasan kereta api tak berpalang tersebut.

Dialah Muhammad Doni, seusai sekolah bocah berusia 11 tahun ini selalu meluangkan waktu untuk pergi ke perlintasan kereta api karena sejak dulu perlintasan kereta api ini tak pernah berpalang pintu. Hanya dengan berbekal peluit serta bendera berwarna merah, Doni piawai mengawal kendaraan tidak hanya roda dua tetapi juga roda empat yang hendak nyebrang perlintasan. Saat kereta api hendak melintas Doni pun dengan sigap menghentikan pengendara yang akan melintasi perlintasan kereta api itu.

Sudah enam tahun Doni menjaga perlintasan tersebut. Anak dari pasangan Suwaji dan Ulifah ini awalnya hanya menggantikan profesi sang kakek yang sudah tua dan sakit-sakitan. Namun lama-kelamaan Doni dan saudaranya bersedia kehilangan waktu bermainnya demi menjaga perlintasan kereta api. Dalam sehari doni bisa mendapatkan Rp. 30.000 hasil pemberian sukarela para pengguna jalan.

Bagi Ibu Doni, Ulifah apa yang dilakukan anaknya ini sempat membuatnya khawatir. Jadi penjaga kereta api memang penuh dengan resiko apalagi jika dilakukan anak-anak. namun sekarang Ulifah percaya anaknya sudah pandai dan hafal saat kereta akan melintas.

Di suasana Hari Anak Nasional ini, sosok bocah yang belia ini mengingatkan akan pentingnya menanamkan nilai kepedulian terhadap sesame yang memang harus ditanamkan sejak dini.

Baca Juga :  Festival Bakar Sate dan Pesta Gizi Kota Mojokerto 2016

Karena kepedulian itu, pada hari 24 juli 2016 perwakilan PT KAI Daops 8 Surabaya dan Komunitas Railfans Mojokerto memberikan kejutan kepada Doni dengan langsung mendatangani ke tempat Doni beraktivitas. “Ini wujud apresiasi kami terhadap warga yang aktif menjaga keselamatan pengguna jalan di perlintasan kereta api”, Ujar Suparto, Manager Humas PT KAI Daops 8 Surabaya.

Kejutan yang diberikan ke Doni memang Tak seberapa nilainya. Antara lain buku beserta alat tulis serta tas sekolah dan uang sebesar Rp. 450.000. Tidak hanya itu, Doni juga mendapatkan miniature kereta api agar menjadi penyemangat bagi Doni. Ini sebagai bentuk kepedulian PT KAI terhadap sesame apalagi kepada bocah yang rela meninggalkan masa bermainnya untuk menolong sesame. (ask/fan)

Penulis : Kontributor SMAN 1 Mojosari, Andik Kurniawan Santoso
Editor : Affan Bakhrudin

Comments

comments