SOSOK

Jurus wali kota Mas’ud Yunus memimpin kota Mojokerto

Kabar Mojokerto | Mojokerto adalah kota kecil yang bisa dikatakan tidak memiliki sumber daya alam. Satu-satunya pilihan untuk Wali Kota Mojokerto Mas’ud Yunus ialah bagaimana untuk mengoptimalkan pembangunan sumber daya manusia dan ekonomi khususnya di Kota Mojokerto.

LATAR belakang keagamaan dari wali kota mojokerto Mas’ud Yunus begitu kuat. Hal itulah yang membuat pengasuh Pondok Pesantren Al-Amin tersebut berupaya untuk memasukkan unsur dakwah di dalam kebijakan-kebijakannya mengelola pemerintahan kota mojokerto. Salah satu yang menjadi percontohan adalah adanya sebuah pusat pembiayaan usaha syariah (pusyar). Program tersebut berbuah penghargaan yaitu Otonomi Award dari Jawa Pos Institute of Pro-Otonomi pada 2014 yang lalu.

Pusyar merupakan sebuah program pemberian pinjaman lunak kepada para pengusaha kecil yang level usaha kecil dan menengah (UKM) dengan metode syariah. ’’Pemkot sebagai menjadi penjaminnya,’’ ujar Wali Kota Mojokerto Mas’ud Yunus.
Untuk merealisasikan program pusyar tersebut, pemkot dalam hal ini dinas koperasi, perindustrian, dan perdagangan menggandeng beberapa lembaga. Lembaga tersebut merupakan Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS), masyarakat ekonomi syariah (MES), dan badan amil zakat (BAZ).

images

BPRS bertugas untuk menyediakan dana untuk digulirkan kepada UKM. Sementara itu, BAZ dan MES berfungsi untuk menghimpun UKM dan supervisi. Untuk tahap pertama, kredit tersebut diberikan kepada 119 UKM yang terdaftar. Masing-masing mendapatkan dana sekitar Rp 10 juta–Rp 50 juta, tergantung jenis usahanya. ’’Alhamdulillah, setelah setahun berjalan ini, yang macet hanya sekitar 0,9 persen,’’ ujar Mas’ud yang juga menjadi ketua BAZ Kota Mojokerto. ’’Banyak pengusaha kecil yang dulunya penerima zakat sekarang beralih sudah menjadi pembayar zakat di BAZ,’’ sambungnya.

Program pusyar tersebut, kata Mas’ud, dilanjutkan kembali pada tahun ini untuk tahap kedua. Rencananya, akan digulirkan modal senilai Rp 4 miliar. Selain itu juga, pemkot bekerja sama dengan BAZ sedang mendorong masyarakat untuk membentuk koperasi syariah dan saat ini sudah terbentuk 1 koperasi, 36 prakoperasi syariah.

Selain inovasi pada bidang ekonomi, walikota mojokerto Mas’ud memiliki program andalan lainnya di bidang pendidikan dan pembangunan moral. Kota Mojokerto termasuk daerah cukup berhasil di sektor pendidikan. Dalam tiga tahun terakhir, tingkat kelulusan ujian nasional (unas) untuk jenjang SD, SMP, dan SMA adalah 100 persen. Kota Mojokerto juga menempatkan para siswanya di jajaran 10 besar nilai ujian nasional tertinggi se-Jawa Timur.

Comments

comments

Tags