Klenteng Hok Siang Kiong, Tempat Unik dan Kaya Akan Historis

Klenteng Hok Siang Kiong, Tempat Unik dan Kaya Akan Historis

872
0
BAGIKAN
Tampak bangunan depan dari Klenteng Hok Siang Kiong/ Foto : Rivandi Ramadhan, Kabarmojokerto.com

Mojokerto, Kabar Mojokerto – Klenteng Hok Siang Kiong merupakan tempat ibadah bagi umat beragama Kong Hu Cu khususnya bagi masyarakat Mojokerto yang beragama Kong Hu Cu maka akan beribadah di Klenteng Hok Siang Kiong. Klenteng Hok Siang Kiong didirikan pada jaman Belanda sekitar pada tahun 1823. Sedangkan Vihara Metta Sraddha didirikan pada tahun 1955.

Klenteng Hok Siang Kiong yang menjadi tempat ibadah umat Kong Hu Cu kawasan kota Mojokerto. Lokasi Klenteng dan Vihara ini berada di Jl. Residen Pamudji kota mojokerto, sekitar 800 meter dari arah alun-alun kota mojokerto. Ciri khas yang sangat menonjol pada bangunan Klenteng dan Vihara ini adalah arsitekturnya yang berkonsep khas Cina. Selain umat Kong Hu Cu, klenteng Hok Siang Kiong juga sering dikunjungi oleh banyak orang yang mengagumi gaya banguanan arsitekturnya dan juga suasana dalam klenteng yang asri.

Memasuki klenteng Hok Siang Kiong yang telah berusia 185 tahun ini, suasana religi sangat terasa sekali, ketenangan serta kenyamanan bagi umat beragama Kong Hu Cu dalam menjalankan ibadah di klenteng Hok Siang Kiong , akan merasakan suasana yang benar berbeda bagi setiap pengunjung atau umat yang mau beribadah. Peninggalan sejarah klenteng Hok Siang Kiong ini adalah sebuah potensi wisata agama dan budaya kota Mojokerto. Klenteng Hok Siang Kiong yang berdiri sekitar pada tahun 1823 inilah yang menjadi bukti bahwa kota Mojokerto dari dulu maupun sampai sekarang memiliki keragaman agama, budaya bangsa dan tentunya saling menjaga toleransi antar umat beragama yang berada di Mojokerto sehingga terciptanya keberagaaman dan keharmonisan antar masyarakat atau antar umat beragama sampai saat ini dan harus selalu dijaga.

Baca Juga :  Kebun strawberry pacet
Pasar Tanjung Kota Mojokerto
Pasar Tanjung Kota Mojokerto

Disekitar klenteng Hok Siang Kiong kita juga bisa mengunjungi untuk sekedar berjalan-jalan menikmati bangunan-bangunan tua dengan cirri khas kota mojokerto itu sendiri, deretan toko yang berjualan aneka kebutuhan dan disebelah klenteng Hok Siang Kiong juga terdapat pasar Tanjung sebagai pusat belanja kebutuhan rumah tangga, sayur dan buah-buah dan tentunya oleh-oleh khas Mojokerto. (fan/fis)

Incoming search terms:

  • klenteng Mojokerto
  • alamat klenteng hok sian kiong kota mojokerto
  • bumi perkemahan lembah diro
  • ciri bangunan klenteng hok siang kiong
  • klenteng hok sian kiong sejarahnya
  • klenteng kota mojokerto
  • pasar klenteng moj
  • toko sembako dekat klenteng mojokerto milik diro yang disita karena pemilik kalah judi

Comments

comments

TIDAK ADA KOMENTAR