BerandaKABARKOTA MOJOKERTOKota Mojokerto Resmi Memiliki Satu Kecamatan Baru, Kecamatan Kranggan

Kota Mojokerto Resmi Memiliki Satu Kecamatan Baru, Kecamatan Kranggan

1300
0
BAGIKAN

Kabar Mojokerto – Kota Mojokerto memecah wilayahnya dari dua kecamatan jadi tiga kecamatan. Pembentukan satu kecamatan baru ini diharapkan dapat menciptakan layanan pada penduduk Kota Onde-onde lebih efektif dan efisien. Walikota Mojokerto Masud Yunus mengemukakan, pengajuan pembentukan kecamatan baru sebenarnya diajukan sejak taun 1994 silam. Tetapi, pengajuan itu baru disetujui oleh Kementerian Dalam Negeri 18 April 2016 melalui surat No 138/2058/BAK. Kecamatan baru ini adalah Kecamatan Kranggan.

Masud memaparkan, tatkala ini Kota Mojokerto cuma memiliki dua kecamatan. Yaitu, Kecamatan Magersari dan Prajurit Kulon dengan 18 kelurahan. Dengan dibentuknya kecamatan baru, sehingga empat kelurahan di Kecamatan Magersari masuk ke Kecamatan Kranggan. Ke-4 kelurahan tersebut diantaranya Kelurahan Meri, Jagalan, Sentanan dan Purwotengah. Sementara Kelurahan Miji dan Karanggan yang pada awal mulanya masuk di Kecamatan Prajurit Kulon menjadi bagian dari Kecamatan Kranggan.

“Hari ini kami lantik camat Kranggan dan seluruh perangkatnya. Nanti ditengah malam, kami lauching Kecamatan Kranggan yang dapat diresmikan oleh Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan dan Wakil Gubernur Jawa Timur,” ujarnya.

Mulai tanggal 21 Juni 2016 layanan administrasi warga di eman kelurahan tersebut dikonsentrasikan ke kantor Kecamatan Kranggan yang menempati gedung bekas Lemabaga Pendidikan Kota Mojokerto. Tepatnya di jalan PB Sudirman No 40. Kecamatan baru ini dipimpin oleh Rachmi Widjajanti yang dulunya menjabat sebagai Sekertaris Inspektorat Kota Mojokerto. Dari segi lainnya, pihaknya tengah menyiapkan kantor kecamatan baru ini di depan kantor Kelurahan Kranggan untuk kantor Polsek, Koramil dan Puskesmas Kranggan. Disampaing menyiapkan kantor kecamatan baru, pihaknya berikhtiar untuk menyelesaikan perubahan data kependudukan masyarakat di enam kelurahan.

“Perubahan KK dan KTP masyarakat Kelurahan Purwotengah telah selesai sedangakan untuk 5 kelurahan lainnya kami targetkan selesai dalam 4 bulan ke depan,” tambahnya. Sedikit persoalan yang masih menggajal waktu ini adalah terkait layanan kepolisian. Pasalnya, hingga saat ini baik dengan cara kelembagaan ataupun infrastruktur untuk Polsek Kranggan belum terbentuk.

Baca Juga :  Tol Mojokerto - Jombang Seksi 3 Dibuka Gratis Untuk Jalur Mudik

“Pelayanan warga untuk sementara dihandle Polre Kota Mojokerto. Agar tidak ada kerancuan administrasi,” lontar Nyoman Budiarja, Kapolres Kota Mojokerto. Nyoman memaparkan, piharnya sudah ajukan pembentukan Polsek Kranggan dan biaya pembangunan kantor polsek. Pasalnya, pemkot hanya memberikan hibah lahan.

“Saya telah ajukan ke polda, kelak polda yang mengirim ke mabes untuk pengajuan kelembagaan dan biaya pembangunan kantor. Saya berharap realisasi secepatnya,” tandasnya. (will)

Incoming search terms:

  • dpt kec kranggan kota mojokerto

Comments

comments