NEWS

Calon Jamaah Haji Termuda dan Tertua Kabupaten Mojokerto 2016

Mojokerto, Kabar Mojokerto – Keceriaan tampak diwajah Mbah Sriatin, nenek empat cicit warga Ketemasdungus, Puri, Kabupaten Mojokerto saat ini dipastikan berangkat menunaikan ibadah haji tahun ini oleh Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto. Ya, Mbah Sriatin kini berusia 93 tahun yang merupakan calon jemaah haji tertua asal Kabupaten Mojokerto. Untuk menunaikan ibadah haji di tanah suci, Mbah Sriatin mendaftar haji pada tahun 2012 melalui program Haji Lansia Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto.

Mbah Sriatin Jamaah Haji Tertua Kabupaten Mojokerto 2016. Sumber foto : apakabar.co.id
Mbah Sriatin Jamaah Haji Tertua Kabupaten Mojokerto 2016. Sumber foto : Imi/apakabar.co.id

Berbekal uang simpanan hasil panen selama lebih dari 10 tahun, Mbah Sriatin lantas melunasi Biaya Pelaksanaan Ibadah Haji (BPIH). Diusianya yang sangat lanjut, Mbah Sriatin tidak banyak melakukan persiapan jelang keberangkatan ibadah haji. Ia hanya berusaha menjaga kesehatan serta kebugaran fisiknya dengan cara berolahraga ringan seperti jalan pagi dan juga membersihkan pekarangan rumah. Mbah Sriatin rencananya akan berangkat menunaikan ibadah haji tergabung pada kloter 35 embarkasi Juanda, Surabaya beserta anak dan juga menantunya sebagai pendamping.

“Saya sebagai anak selaku pendamping daripada Ibu saya itu sudah saya siapkan seperti tiap pagi jalan-jalan semampunya agar di sana itu bisa mengikuti rukun-rukun haji yang sempurna.” Ujar Misnanto, anak/pendamping Mbah Sriatin.

Lain Mbah Sriatin lain pula Ratu Gengsar, pelajar Sekolah Menengah Atas asal Mojokerto ini menjadi Calon Jamaah Haji Termuda di usianya 17 tahun. Ratu Gengsar dapat berangkat Haji setelah lolos verifikasi persyaratan dari Kemenag Mojokerto. Meski harus meninggalkan kegiatan sekolah, anak kedua dari pasangan Sugeng dan Maysaroh ini pun membulatkan tekadnya berangkat haji tahun ini.

Saat ditanyai bagaimana ceritanya hingga menjadi Calon Jamaah Haji Termuda tahun ini, Ratu menjawab bahwa “Dulu mendaftar tahun 2009 pas umur 10 tahun. Dulu awalnya ikut KBIH terus nggak tau jadi nabung sendiri.” Ujar Ratu. Sementara Maysaroh, ibunda Ratu bersyukur lantaran tahun ini bisa berangkat Haji bersama suami dan kedua anaknya. Tahun ini tercatat ada 1276 Calon Jamaah Haji asal Kabupaten Mojokerto yang akan diberangkatkan dalam 3 kloter pada 21 Agustus 2016 mendatang. (aks/wil/fan)

Comments

comments

Tags

Related Articles