BerandaKABARKABUPATEN MOJOKERTOMengenali Kabupaten Mojokerto

Mengenali Kabupaten Mojokerto

679
0
BAGIKAN

Kabar Mojokerto | Kabupaten Mojokerto merupakan sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. KabupatenMojokerto secara resmi didirikan pada tanggal 9 Mei 1293 merupakan wilayah yang tertua ke-10 di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten ini berbatasan lansung dengan Kabupaten Lamongan yang di utara, Kabupaten Gresik, Kabupaten Sidoarjo, dan Kabupaten Pasuruan yang di timur, Kabupaten Malang dan Kota Batu yang di selatan, serta Kabupaten Jombang yang di barat.

Kabupaten Mojokerto sendiri terdiri atas 18 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Dulu pusat pemerintahan yang berada tepat di Kota Mojokerto, namun dengan berjalannya waktu kini banyak gedung dan kantor pemerintahan yang dipindahkan ke Kecamatan Mojosari yang sebelah timur kota Mojokerto, setelah Kota Mojokerto berdiri pada 20 Juni 1918.

8d39acb2b9

Kabupaten Mojokerto juga memiliki sejumlah obyek wisata yang menarik.

Mulai dari Kabupaten Mojokerto yang bagian Utara, ada Kecamatan Kemlagi terdapat wisata yang banyak dikunjungi yaitu Waduk Tanjungan yang terletak di desa Tanjungan, Kemlagi. Kemudian yang di Kecamatan Jetis ada Watu Blorok yang konon dahulu saat pembangunan jalan tersebut, ada sebuah batu yang cukup besar yang mau dipindahkan karena berada di tengah pembangunan jalan, namun esok harinya batu tersebut kembali lagi ke posisi semula saat sebelum dipindahkan, namun wisata watu blorok sekarang sepi pengunjungnya karena perawatan yang kurang dari pemerintah maupun masyarakat sekitar. Ada juga wisata di sekitaran sungai Brantas yang biasanya digunakan untuk acara-acara besar seperti Lomba Dayung, Lomba Layang-layang, acara ulang tahun kabupaten, pesta rakyat dan lain-lainnya.

maxresdefault

Di kecamatan trowulan, yang dulu pernah menjadi pusat Kerajaan Majapahit. Ini terlihat dari banyaknya peninggalan-peninggilan sejarah kerajaan majapahit tersebut yang dijumpai di trowulan. Trowulan merupakan daya tarik utama wisata sejarah di kabupaten mojokerto, karena terdapat candi peninggalan Kerajaan Majapahit, makam raja-raja Majapahit, peninggalan seperti benda pusaka dan lain-lain yang masih terbenam di dalam tanah, Pendopo Agung yang diperkirakan menjadi pusat istana Majapahit, candi yang terdapat di kecamatan trowulan ini antara lain Candi Tikus, Candi Bajang Ratu, Candi Brahu, Candi Wringin Lawang, dan banyak Candi lain yang masih ditemukan.

Baca Juga :  Wali Kota Bandung Ridwan Kamil Melakukan Penandatangan Kerja Sama Dengan Wali Kota Mojokerto

Kawasan pegunungan yang berada di kecamatan Pacet dan Kecamatan Trawas di selatan juga adalah kawasan wisata yang andalan Kabupaten Mojokerto karena pemandangan yang bagus dan hawa udara yang sejuk dari pegunungan yang dirasa sangat nyaman, di antaranya terdapat wisata yaitu Wisata Arung Jeram dan Lokasi Outbound, Pemandian Air Panas di Padusan, Air terjun Coban Canggu, Air terjun Grenjengan, dll,dan juga terdapat vila-vila peristirahatan di Pacet dan Trawas.

Oleh-oleh dan Kuliner Khas
Kabupaten Mojokerti juga mempunyai oleh-oleh khas seperdi daerah yang lainnya, akan tetapi setiap daerah mempunyai keunggulan oleh-oleh masing-masing, seprti oleh-oleh khas mojokerto adalah Kerupuk Rambak yang berada di bangsal, onde-onde, sate keong, sambel wader.

onde-onde-bo-liem5

Comments

comments