BerandaGAYA HIDUPKULINEROnde-Onde Makanan Khasnya Kota Mojokerto

Onde-Onde Makanan Khasnya Kota Mojokerto

1464
0
BAGIKAN
Foto dari Ikha Martha Sandy dan Komunitas Kompakers Mojokerto

Mojokerto, Kabar Mojokerto – Di Indonesia ini, onde onde konon sudah dikenal sejak jaman Kerajaan Majapahit (1300-1500M) dimana salah satu kotanya, Mojokerto, konon dikenal juga sebagai Kota Onde-onde. Kalau kita melihat tahun-tahun keberadan kekaisaran Dinasti Tang dan kerajaan Majapait, maka dengan mudah nya kita dapat menebak bahwa onde-onde memang dibawa oleh orang-orang Tiongkok yang berkunjung ke majapahit [Kota Mojokerto] pada masa itu. Salah satunya adalah Laksamana Zheng He atau Cheng Ho dari masa kekaisaran Dinasti Ming.

Jika pada awalnya onde-onde diperuntukan bagipara pekerja yang sedang membangun istana kekaisaran dan kemudian menjadi kue istana, maka dalam perkembangannya, onde-onde pun dikenal sebagai salah satu kue yang disajikan dalam perayaan Tahun Baru China.

Dalam perayaan ini, onde-onde memiliki makna yang khusus. Bentuk onde-onde yang bulat dan permukaanya bewarna kekuningan (Karena dilaburi wijen) melambangkan suatu keberuntungan. Sementara bentuk onde-onde yang mekar saat digoreng melambangkan haramengenai perkembangan usaha yang dilakukan.

Onde onde mojokerto
Duh aduh aduh aduh
Manisnya, gurihnya
tak kan terlupakan
Onde onde mojokerto
Onde onde mojokerto
Sekali dicoba bakal
Ketagihan

Kata-kata diatas adalah lirik dari lagu daerah khas Kota Mojokerto yang menceritakan tentang kelezatan Jajanan khas asli dari Kota Mojokerto. Lagu daerah ini sempat menjadi lagu wajib dalam porseni siswa/i di Kota Mojokerto.Serta sempat wakil tim paduan suara Kota Mojokerto di tahun 2010 menampilkanya dalam porseni Tingkat Jawa Timur dan menjadi nominasi 10 besar penyaji terbaik lagu daerah khas.
Masih ragu untuk mengunjungi Kota Onde-onde Kota Mojokerto ?

Penulis : Kontributor, Barce Dian Mardany
Editor : Fan

Comments

comments

Baca Juga :  Kerupuk Rambak, Kerupuk Khas Mojokerto