Patung Budha Tidur Terbesar se-Indonesia Sebagai Obyek Wisata Alternatif

Patung Budha Tidur Terbesar se-Indonesia Sebagai Obyek Wisata Alternatif

737
0
BAGIKAN
Tampak dari atas Patung Budha Tidur. Sumber Foto : Instagram.com/jazabd

Mojokerto, Kabar Mojokerto – Satu dari sekian banyak kota di Indonesia yang syarat akan sejarah. Mojokerto terletak sekitar 50km dari Surabaya. Perjalan memakan waktu sekitar 3 jam. Mojokerto memiliki banyak warisan seni dan kebudayan. Salah satunya yakni Candi. Dikuti dari Wikipedia Candi adalah istilah dalam Bahasa Indonesia yang merujuk kepada sebuah bangunan keagamaan tempat ibadah peninggalan purbakala yang berasal dari peradaban Hindu-Buddha. Bangunan ini digunakan sebagai tempat pemujaan dewa-dewi ataupun memuliakan Buddha.

Di Mojokerto khususnya di daerah Trowulan akan banyak dijumpai candi peninggalan kerajaan Majapahit seperti Candi Brahu, Candi Bajang Ratu, Candi Wringin Lawang, Candi Tikus dan masih banyak lagi.

Selain Candi, wisata lain yang bisa menjadi tujuan selanjutnya yakni Maha Vihara Majapahit. Maha vihara Mojopahit, desain bangunannya seperti kebanyakan bangunan di jawa yakni bergaya Joglo dibangun awalnya hanya untuk kegiatan keagamaan Budha, namun dengan perkembangan yang lebih dewasa ini memunculkan potensi yang cukup baik dari sektor pariwisata, dengan dibukanya secara umum dan semakin banyaknya orang yang mengujungi wihara ini, tak hanya orang yang beragama budha saja melainkan semua orang mau beragama apapun bisa memasuki area ini, meskipun hanya melihat-melihat bangunan Maha Vihara Majapahit dan juga yang lebih terkenal adalah Patung Budha Tidur terbesar ke Tiga di dunia yang berada di dalam Maha Vihara Majapahit.

Patung Budha Tidur. Sumber Foto: Instagram.com/yasin_abdillah
Patung Budha Tidur. Sumber Foto: Instagram.com/yasin_abdillah

Patung Budha Tidur di Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia ini dinobatkan oleh museum rekor Indonesia (MURI) sebagai patung Budha tidur terbesar di Indonesia dan juga dunia mengakui patung Budha tidur Trowulan sebagai patung Budha tidur terbesar didunia nomer 3 setelah Thailand dan Nepal.

Selain patung sleeping budha juga ada miniatur candi Borobudur disini dan patung budha dengan posisi dan pose lainnya, semisal berdiri, duduk dan sebagainya, juga ada relief di tembok sebelah belakang dari bangunan vihara yang menceritakan kehidupan sang budha.

Baca Juga :  Harga Tiket Dan Jam Buka Museum Trowulan 2016

Maha Vihara Mojopahit TrowulanPatung Budha tidur terletak di komplek Maha Vihara Majapahit Desa Bejijong Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Untuk menuju ketempat Budha Tidur tidak terlalu sulit sekitar 30 menit dari pusat kota Mojokerto dan juga cukup strategis karna di jalan lintas surabaya – mojokerto – jombang, dan tak lupa lokasi patung Budha Tidur ini masuk dalam wilayah obyek wisata Trowulan Mojokerto.

Patung budha tidur ini berukuran panjang 22 meter, lebar 6 meter, dan tinggi 4,5 meter. Untuk pembuatan patung budha tidur dikerjakan pada tahun 1993 oleh YM Viryanadi Maha Tera. Material yang digunakan dalam pembuatan patung budha tidur menggunakan beton, berwarna mas sehingga tampilannya sangat bagus dan juga pemahatnya dikerjakan oleh para pengrajin sekitar yaitu para penduduk trowulan yang sudah dikenal sebagai ahli pemahat batu sejak dulu .

Sebelum pulang, wisatawan juga bisa mendapatkan sauvenir dari para pedagang yang berjual di pintu keluar Maha Vihara Budha Tidur yakni seperti gantungan kunci budha tidur, patung – patung dengan berbagai ukuran maupun bentuknya. (fan/fan)

  • Penulis : Affan Bakhrudin
  • Editor : Affan Bakhrudin

Simpan

Comments

comments

TIDAK ADA KOMENTAR