BerandaKABARKABUPATEN MOJOKERTOWarga Mojokerto Masih belum punya e-KTP sekitar 56.000 orang

Warga Mojokerto Masih belum punya e-KTP sekitar 56.000 orang

1198
0
BAGIKAN
Sumber Foto : kemendagri.go.id

Mojokerto, Kabar Mojokerto – Sejak diberlakukan Februari 2011 lalu hingga saat ini masih ada sekitar 56.000 warga Kabupaten Mojokerto yang belum terekam dalam data KTP elektronik (e-KTP). Padahal Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Mojokerto mengaku sudah gencar melakukan sosialisasi dan upaya jemput bola dengan mendatangi penduduk ke sejumlah desa. Mereka yang belum melakukan perekaman e-KTP mayoritas adalah penduduk setempat yang bekerja di luar kota namun belum mengurus kepindahannya (29/8/16).

Perekaman e-KTP ini sangat penting dan merupakan prosedur baku yang wajib diikuti oleh setiap penduduk untuk mendapatkan ketunggalan data. Sebab kelak semua pelayanan publik akan berbasis pada NIK dan KTP Elektronik. Pengurusan e-KTP pun gratis tidak dipungut biaya sama sekali.

Tujuan dari perekaman e-KTP perekaman ini adalah untuk update database identitas jati diri penduduk Indonesia yang berlaku nasional sehingga tidak perlu lagi membuat KTP lokal untuk pengurusan izin, pembukaan rekening bank dan lainnya. e-KTP juga untuk mencegah kepemilikan KTP ganda atau KTP palsu.

Apabila masyarakat masih enggan mengurus e-KTP, maka warga bersangkutan akan mengalami kesulitan dalam pelayanan administrasi publik dan urusan lainnya yang membutuhkan identitas kependudukan. Bahkan pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan sangat tegas, hingga sampai menonaktifkan data penduduk yang belum merekam sampai dengan 30 September 2016.

Bila data penduduk yang belum merekam e-KTP telah dinonaktifkan, maka akses penduduk akan tertutup untuk pelayanan publik misalnya, BPJS, pembukaan rekening bank, pembuatan SIM dan lain sebagainya.

Sikap tegas ini diterapkan mengingat pentingnya dokumen kependudukan yang benar sebagaimana Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 112 tahun 2013 yang menyebutkan KTP lama (non-elektronik) sudah tidak berlaku lagi sejak 31 Desember 2014. Sedangkan sosialisasi dan pembinaan terus-menerus sudah dilakukan hingga berjalan dua tahun lebih sampai saat ini.

Baca Juga :  Pj (Penjabat) Bupati Mojokerto Yakin Warga Cerdas menyikapi Terorisme

Sementara itu untuk mempercepat perekaman e-KTP Dispendukcapil Induk Jawa Timur telah membagikan seluruh blangko serta seluruh alat perekaman ke seluruh kabupaten / kota yang selama ini kekurangan. Akhir September diharapkan seluruh perekaman e-KTP di Jawa Timur bisa tuntas.

Tim Kabar Mojokerto berharap masyarakat bisa memanfaatkan pelayanan dari Dispendukcapil dan mau melakukan perekaman dengan segera. Mengingat begitu pentingnya fungsi dari e-KTP. (aks/fan)

Sumber : Suarasurabaya.net dan Kompas.com

Penulis : Andik Kurniawan Santoso

Editor : Affan Bakhrudin

Incoming search terms:

  • foto ktp andik siswanto jatirejo mojokerto
  • tempat buat no induk kesenian mojokerto
  • tempat pengurusan ktp mojokerto
  • cara mengurus kepemilikan E Kt p kab mojokertop
  • cara mengurus ktp mojokerto kota
  • info ktp seumur hidup mojokerto
  • syarat membuat e ktp kabupaten mojokerto

Comments

comments