NEWSSOSOK

Wawancara Eksklusif: Cindy Rakaciwiy Trias Putri, Gadis Pembawa Baki Merah Putih Kabupaten Mojokerto

Mojokerto, Kabar Mojokerto – HUT RI ke 71 Tahun memang sudah seminggu berlalu tetapi semangat kemerdekaan  tentu selalu terasa hingga saat ini. Sulit dibayangkan, ketika tugas Paskibra menghadapi kendala dalam melaksanakan tugasnya, misalnya gagal dalam mengibarkan bendera Merah Putih maupun yang lainnya sebagaimana yang terjadi di Upacara kemerdekaan yang dipusatkan di Lapangan Adam Malik, Kota Pematangsiantar, Rabu (17/8/2016) saat lagu Indonesia Raya mulai awal hingga akhir dikumandangkan, bendera merah putih tak kunjung naik ke atas tiang bendera.

Menjadi seorang paskibraka dalam upacara kemerdekaan tidak segampang yang di lihat orang, setiap petugas upacara yakni para para Paskibraka mengemban tugas yang cukup berat tapi hal tersebut tidak menyurutkan para paskibraka untuk latihan terus menerus supaya dalam Upacara  berjalan lancar dan tidak ada kesalahan.

Pada kesempatan kali ini, Kabar Mojokerto mendapatkan kesempatan eksklusif untuk mewawancarai seorang Paskibraka Kabupaten yang bertugas membawa baki bendera saat pelaksanaan Upacara HUT RI ke-71 di Stadion Gajah Mada – Mojosari. Dia adalah Cindy Rakaciwiy Trias Putri, siswa kelas 11 di SMA Negeri 1 Mojosari. Berikut kutipan wawancara Kabar Mojokerto bersama Cindy.

Bagaimana awal mulanya Cindy bisa masuk paskibraka kabupaten?

Melalui seleksi dulu disekolah setelah itu diseleksi di gelora gajah mada yang pertama diseleksi kesehatan terus tes Peraturan Baris Berbaris(PBB) lalu keesokan harinya tes tulis. Itu awal mula singkatnya masuk paskib.

Bagaimana Sambutan keluarga pertama kali setelah tahu Cindy masuk paskibraka kabupaten?

Sangat bangga dan bahagia terutama mama saya. Beliau sangat mendukung saya dalam mencapai apa yang saya inginkan dalam hal yang positif dan mama saya pernah bilang jangan pernah malu untuk mengembangkan dan menunjukkan potensi yang saya punya dan selagi saya mampu kenapa tidak jadi terus maju dan pede aja.

Wah orang tuamu sangat mendukung. Lalu bagaimana dengan sekolah?

Alhamdulillah sekolah mendukung dan semua berjalan dengan lancar.

Ada pepatah bilang “Kesuksesan Berawal dari Mimpi.” Apakah kamu pernah bermimpi sebelumnya menjadi seorang Paskibraka?

Dulu waktu SMP ikut upacara di Gor Mojosari rasanya tuh pengen dan sepertinya enak jadi paskibraka apalagi mojokerto. Dan sekarang mimpi itu jadi nyata. Itu adalah suatu kebanggaan tersendiri bagi saya dan orang-orang yang selama ini mendukung dan sayang sama saya terutama orang tua dan kakak-kakak saya.

Selain menjadi anggota paskibraka nasional apa ada cita-cita lain?

Ya masih banyak yang ingin aku capai. Intinya apa yang membuat orang tuaku bahagia akan saya lakukan dan keinginan saya cuma 1 saya ingin kebahagiaan orang tua adalah kebahagiaan saya juga dan sebaliknya kak.

Oh iya, materi apa aja yang kamu dapat di paskibraka kabupaten Mojokerto?

Materi yang saya dapat dipaskab tentang bagaimana cara peraturan baris berbaris yang benar, kedisiplinan, kekeluargaan, kekompakan, kejujuran, dan yang paling penting dari aku sama teman-teman paskibraka yang lain adalah keluarga baru.

Bagaimana perasaan Cindy saat ditunjuk menjadi pembawa baki?

Pertama ditunjuk tuh rasanya kaget, terharu, bangga. Alhamdulillah selama upacara berlangsung berjalan dengan lancar.

Menjadi seorang paskibraka kabupaten kan biasanya diajak jalan-jalan. kemana saja liburannya?

Habis pengibaran sama penurunan itu malamnya langsung perjalanan ke jogja. Dijogja tempat wisata yang kami kunjungi ada malioboro, pantai baron, pantai indrayanti, dan goa pindul.

Wah pasti seru itu. Terus menurut Cindy bagaimana minat masyarakat terhadap perkembangan paskibra?

Baik dan mengarahkan rasa patriot kepada bangsa yang lebih dalam dan untuk tanggapan masyarakat nelihat pengibaran dan penururan tahun ini alhamdulillah positif.

Pertanyaan terakhir, apa pesan Cindy kepada seluruh generasi bangsa?

Pesan dari aku adalah terus bersemangat Nikmati masa muda kalian dengan kersa, kerja dan karya.

“Intinya adalah bagaimana kita menikmati masa muda dengan berusaha, kerja nyata dan berkarya. Seperti pesan di HUT RI ke-71 saat ini yaitu Indonesia Kerja Nyata, Salam Merdeka.” Ujar  Cindy Rakaciwiy Trias Putri sebagai akhir perbincangan dengan Kabar Mojokerto, Sabtu (20/8/16). (aks/fan)

Penulis : Andik Kurniawan Santoso

Editor : Affan Bakhrudin

Comments

comments

Tags

Related Articles