Wisata budaya dan religi Makam Troloyo

Wisata budaya dan religi Makam Troloyo

682
0
BAGIKAN

Kabar Mojokerto | Selain menyuguhkan berbagai macam wisata alam dan wisata – wisata yang baru di Jawa Timur juga sering dikenal mempunyai berbagai macam refrensi wisata lainnya yang tak kalah menarik dikunjungi seperti halnya wisata religi, seni dan budaya yaitu makan Troloyo. Makam Troloyo di kabupaten Mojokerto adalah salah satunya yang perlu dikunjungi. Komplek makam troloyo merupakan komplek pemakaman kuna di era kerajaan Majapahit. Makam troloyo sendiri terletak kurang lebih sekitar 15 Km dari pusat kota Mojokerto, berada di Dusun sidodadi, Desa Sentonorejo, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

IMG_2856

Kata Troloyo sendiri berasal dari dua kata yaitu Sentra dan Pralaya, Sentra dapat diartikan sebagai Tegal atau Tanah yang luas, sedangkan Pralaya atau Laya diartikan sebagai Rusak atau Mati. Sehingga Tralaya / Troloyo dapat diartikan sebagai tanah yang sangat luas untuk orang yang sudah meninggal (Pekuburan atau Makam). Untuk mengunjungi komplek pemakaman Troloyo anda dapat menggunakan berbagai macam kendaraan seperti kendaraan umum, kendaraan pribadi, atau menggunakan Bus rombongan untuk berziarah. Di makam Troloyo juga tersedia fasilitas parkir yang cukup luas, karena pada hari-hari tertentu seperti halnya pada malam Jum’at Legi atau tanggal 15 Suro dalam penanggalan Jawa atau 15 Muharam makam Troloyo banyak dikunjungi penjiarah dari berbagai kota di jawa timur dengan total pengunjung dapat mencapai 4.000 orang baik pengunjung perorangan atau pengunjung rombongan.
Di dalam komplek makam Troloyo akan anda dijumpai beberapa makam Waliyullah diantaranya Syech Maulana Jumadil Kubro yang berada di bagian utama makam, Syech Maulana Ibrahim, Syech Maulana Sekhah dan Syech Abdul Kadir Jailani Assyni yang dikenal dengan makam Telu, semua makam berada di bagian depan komplek Troloyo, terdapat juga petilasan Wali Songo yang konon katanya dipergunakan para Wali untuk berembug atau berdiskusi dalam proses penyebaran agama Islam di pulau Jawa. Sedangkan di bagian utara Masjid yang berada di komplek makam terdapat makam Syech Ngudung atau Sunan Ngudung. Bila mengunjungi bagian belakang komplek makam Troloyo akan dijumpai sebuah bangunan dengan kuncup yang didalamnya terdapat dua makam adalah makam Raden Ayu Anjasmara dan Ratu Kencanawungu. Selanjutnya akan anda akan memukan juga Makam Tujuh atau Makam Pitu yang dikenal sebagai makam Pangeran Noto Suryo, Patih Noto Kusumo, Gajah Permodo, Naya Genggong, Sabdo Palon, Emban Kinasih dan Polo Putro. Ketujuh orang itu adalah para pejabat di lingkungan kerajaan Majapahit seperti Patih, Senopati dan Abdi Dalam Kerajaan. Uniknya juga bila anda mengunjungi makam Pitu dan mengamati beberapa nisan yang berada pada makam akan terdapat bentuk Lengkung Kurawal yang tentunya tidak asing bagi kesenian agama Hindu, di kombinasikan dengan bentuk bentuk pahatan yang ada di batu nisan, disini dapat di artikan bahwa telah terjadi sebuah akulturasi antar budaya yaitu budaya lama Hindu dengan unsure budaya pendatang Islam.

Baca Juga :  Klenteng Hok Siang Kiong, Tempat Unik dan Kaya Akan Historis

14249177641114718011

troloyo doa

sori-makam troloyo-trowulan-5

Keberadaan tempat seperti komplek makam Troloyo yang bisa dikatakan makam Islam Kuno membuktikan bahwa telah terjadi komunitas muslim yang berada di dalam Kerajaan Majapahit, hal itu di dukung dengan oleh adanya sumber yang tertulis berupa Kidung Sunda yang menceritakan bahwa dulu terdapat sebuah pasukan dari Kerajaan Sunda yang mengantarkan Puteri Raja Sunda sebagai calon Permaisuri Raja Hayam Wuruk. Mereka telah masuk ke dalam ibukota kerajaan Majapahit, dan berjalan menuju arah selatan hingga sampai Masjid Agung di daerah Palawiyan, selanjutnya mereka melanjutkan perjalanan mereka kearah Timur dan ke Selatan lagi.

Mojokerto tidak hanya kaya akan keindahan alam, tetapi juga kaya budaya dan sejarah masa lalunya, semuanya itu merupakan khasanah budaya yang harus kita jaga kelestariannya, agar generasi penerus tetap mengingat dan mengetahui bahwa Mojokerto adalah sebuah daerah yang mempunyai alam yang indah serta kebudayaan yang bernilai seni.

Incoming search terms:

  • tiket masuk troloyo
  • AREA PARKIR WISATA RELIGI MAKAM SYEH JUMADIL KUBRO Mojokerto East Java
  • biaya parkir di makam troloyo
  • harga parkir bis di makam troloyo
  • harga tiket masuk ziarah troloyo
  • tiket masuk makam troloyo
  • tiket masuk wisata troloyo trowulan
  • wisata ditroloyo

Comments

comments

TIDAK ADA KOMENTAR